KAJIAN TEORI DAN PRAKTIK MANAJEMEN PEMERINTAH DAERAH

Deskripsi Buku

Manajemen pada dasarnya berfokus pada perilaku manusia untuk mencapai tingkat tertinggi dari produktivitas pada pelayanan di suatu kegiatan. Pada suatu instansi membutuhkan seorang manajer yang terdidik dalam pengetahuan dan ketrampilantentang perilaku manusia untuk mengelola kegiatan. Manajemen merupakan serangkaian aktivitas (termasuk perencanaan, pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada sumbersumber daya organisasi (manusia, financial, fisik dan informasi) dengan maksud mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif (Griffin, 2004).

Kata manajemen bukanlah sesuatu yang asing, karena manajemen merupakan bagian dari kehidupan mereka sehari-hari. Bahkan dalam bidang aktivitas yang paling sederhana sekalipun, orang mempraktikkan apa yang disebut “manajemen” dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan kata pemerintah atau governance, dalam konteks lain, sudah tidak asing lagi. Hampir setiap hari, masyarakat terlibat secara langsung maupun tidak langsung, terutama dalam hubungan dengan pemerintah atau proses-prosesnya. Suka atau tidak suka, ketika bekerja dengan lembaga pemerintah maupun manajemen, mereka harus memanfaatkannya sebagai cara yang lebih baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Adapun jika dua kata umum yaitu manajemen dan pemerintahan digabung menjadi satu frase yaitu “manajemen pemerintahan”, maka tentu akan menjadi suatu hal yang sangat penting, karena kedua kata tersebut akan melahirkan kegiatan-kegiatan yang sangat penting. Apabila manajemen dan administrasi benar-benar diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat modern, maka pengelolaan negara merupakan sebuah keniscayaan, apalagi sejak masa reformasi dimana sistem ketatanegaraan telah menjadi asas dasar otonomi daerah, sehingga seluruh daerah otonom (kabupaten atau kota) mempunyai hak yang besar. tanggung jawab dalam mengelola semua sumber daya yang digunakan untuk kepentingan rakyatnya. Oleh karena itu, penting sekali kata manajemen dan pemerintahan dipadukan kembali dalam satu kata yaitu daerah, sehingga terciptalah Pengelolaan Pemerintahan Daerah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top